Pages

Rabu, 30 Maret 2011

Pasar Faluta Asing

Pasar Faluta Asing Secara geografis pasar valuta asing atau foreign exchange market menjangkau keseluruhan bagian dunia, dimana harga-harga mata uang senatiasa bergerak setiap saat pada setiap hari kerja. Transaksi valuta asing (valas) yang biasanya dalam jumlah besar diawali setiap pagi di Wellington dan Sydney, bergerak ke arah barat, ke Tokyo, Hongkong, dan Singapore, melalui Bahrain, kemudian beralih ke pusat keuangan keuangan Eropa, Frankfurth, Zurich, dan London menyebrangi Atlantik dan berakhir di Sanfransisco dan Los Angeles. Pada saat sore hari di Eropa Pasarbursa Eropa maupun wilayah pantai timur Amerika Serikat dibuka
 
dalam keadaan ramai dan sangat likuid, ketika
Pasar faluta asing ini sesungguhnya tidak pernah terhenti dalam waktu 24 jam. Oleh karena itu banyak internasional termasuk perusahaan besar melakukan transaksi valuta asing di dealing room-nya, di hampir semua pusat-pusat perdagangan valas dunia agar dapat memberikan pelayanan kepada nasabahnya selama 24 jam.

Untuk dibeberapa negara misalnya di Perancis, perdagangan valas dilakukan pada tempat (floor) perdagangan resmi dengan cara open hidding. Harga penutupan diumumkan sebagai harga resmi yang dapat dijadikan standart dalam transaksi komersial atau melakukan investmen.
Bank-bank yang melakukan kegiatan dalam perdagangan valas dihubungkan dengan suatu jaringan telekomunikasi canggih. Dealer memperoleh kurs pada monitor videotelepon atau telex. Divisi valas perusahaan nonbank juga biasanya memiliki monitor video yang digunakan untuk selalu berhubungan dengan pasar untuk mengetahui bank-bank mana yang sedang memiliki quotation yang paling baik. Pemasok yang paling terkemuka untuk sistem informasi valas dekstop dan berkomunikasi dengan pihak-pihak lainnya, melalui ini adalah telerate yang dimulai sejak akhir dekade 60-an, dan reuters pada dekade 70-an.

Demikian seklumit wawasan tentang pasar valuta asing yang berkebang hingga saat ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar