Pages

Rabu, 30 Maret 2011

Transaksi Faluta Asing (Valas)

Transaksi Faluta Asing (Valas) ada beberapa jenis transaksi faluta asing (valas) di Perdagangan Mata Uang Dunia

1.  Transaki SPOT
Transaksi SPOT adalah Jual Beli Mata Uang dengan penyerahan dan pembayaran antarbank yang akan diselesaikan pada dua hari kerja berikutnya. Penyerahan dana dalam transaksispot pada dasarnya dapat dilakukan dalam beberapa cara sebagai berikut :
a) Value Today (Value Tod), yaitu penyerahan dana dilakukan pada tanggal (hari) yang sama dengan tanggal (hari) diadkannya transaksi. Cara penyelesaian ini juga disebut same day settlement atau cash settlement.
b)  Value Tomorrow (value tom), yaitu penyerahan dana dilkukan pada hari kerja berikutnya atau hari kerja setelah diadakannya kontrak atau one day settlement.
c)  Value Spot, yaitu penyerahan dilakukan dua hari kerja setelah tanggal transaksi.

2. Transaksi Forward
Transaksi forward atau disebut juga transaksi berjangka pada prinsipnya adalah transaksi sejumlah mata uang tertentu dengan sejumlah mata uang tertentu lainnya dengan penyerahan pada waktu yang akan datang. Kurs ditetapkan pada waktu kontrak dilakukan, tetapi pembayaran dan penyerahan baru dilakukan pada saat kontrak jatuh tempo. Transaksi forward ini biasanya seing digunakan untuk tujuan hedging dan spekulasi. Hedging atau pemagaran risiko yaitu transaki yang dilakukan semata-mata untk menghindari risiko kerugian akibat terjadinya perubahan kurs.

3.  Transaksi SWAP.
Transaksi Swap dalam pasar antarbank adalah pembelian dan penjualan secara bersamaan sejumah tertentu mata uang dengan 2 tanggal valuta (penyerahan) yang berbeda. Jenis transaksi swap yang umum adalah “Spot terhadap forward”. Dealer membeli suatu mata uang dengan transaksi spot dan secara simultan kembali jumlah yang sama kepada bank lain dengan kontrak forward.

0 komentar:

Posting Komentar