Pages

Senin, 23 Mei 2011

Perdagangan Valas

Valas yang biasa disingkat Valuta Asing atau dalam bahasa inggris dikenal sebagai Forex atau Foreign Exchange yang berarti pertukaran uang dari nilai mata uang yang berbeda. Pasar Valas ini menyediakan pasar sarana fisik maupun dalam pasar kelembagaan untuk melakukan perdagangan mata uang asing, menentukan nilai tukar mata uang asing, dan menerapkan managemen mata uang asing. karena Perdagangan Valas adalah merupakan pasar yang tidak punya lokasi fisik, transaksi di pasar ini biasanya dilakukan oleh bank dengan menggunakan sistem jaringan antar bank (interbank trading).
Kurs Valas adalah harga suatu mata uang yang dinyatakan dalam mata uang lain. Sedangkan Kuota Valas merupakan suatu pernyataan kesediaan melakukan transaksi jual beli valas pada suatu Kurs yang diumumkan Kuota dapat dilakukan dengan cara :
  • Langsung atau direct Quotation : Cara penentuan kurs suatu mata uang dimana satu mata uang asing dugunakan untuk menilai mata uang lokal.
  • Tidak langsung atau Indirect Quotation : Penetuan kurs dimana unit mata uang lokal digunakan untuk menilai mata uang asing.
  • USD Quotation : USD selalu dijadikan sebagai mata uang referensi dalam penentuan kurs mata uang asing lain.
  1. Outright Forward Quotation : Kurs mata uang dinyatakan dalam harga penuh (full price).
  2. Point Quotation : Selisih antara forward rate dengan spot rate.
  3. Bid and Offer Quotation : “Bid” dalam transaksi jual beli valuta asing berarti dealer bersedia membeli mata uang tertentu pada harga yang ditetapkan. Sedangkan “offer” berarti dealer bersedia menawarkan atau menjual mata uang pada harga tertentu.
Ada beberapa Jenis Pasar yang terjadi dalam Perdagangan Valas
Pasar spot melibatkan pertukaran mata uang dalam bentuk cek yang ditarik pada rekening dengan denominasi mata uang yang berbeda. Instruksi untuk menukarkan mata uang di pasar spot dilakukan dalam bentuk wesel bank yaitu cek yang dikeluarkan bank dan dicairkan dalam 1 atau 2 hari kerja setelah cek dikeluarkan.
Pasar Opsi Berbeda dari pasar forward dan futures di mana pada saat jatuh tempo akan ada penyelesaian transaksi berupa penyerahan mata uang dan pembayaran. Kontrak opsi memberi hak kepada pemegangnya untuk membeli atau menjual mata uang tertentu. Keputusan untuk menjalankan hak yang dimiliki sepenuhnya ditentukan oleh pemegang opsi. Jadi, transaksi di pasar opsi tidak harus diikuti dengan penyelesaian transaksi sebagai mana yang terdapat pada kontrak forward dan futures.
Pasar Forward Sama seperti pasar spot, pasar forward tidak harus berwujud tempat secara fisik. Pasar ini menampung transaksi forward yang biasanya dilakukan untuk membatasi resiko valuta asing. Transaksi forward dapat dilakukan antar bank dan kliennya adalah individu atau lembaga, baik dari bank maupun nonbank. Jika dilihat dari masa kontrak, transaksi forward antar bank memiliki dimensi waktu kelipatan 30, yaitu bermasa kontrak 30 hari, 90 hari, dan 180 hari. Sedangkan transaksi forward antara bank dan klien nonbank biasanya bermasa kontrak bukan kelipatan 30 hari.
Pasar Futures memiliki dua jenis objek transaksi, yaitu valuta asing ( financial futures market) dan komoditi ( commodity futures market ). Sama seperti pasar forward, pasar ini juga berguna untuk membatasi resiko ( hedging ) dan tujuan spekulatif. Sebuah kontrak adalah kesepakatan memperdagangkan atau menukarkan valuta asing, dimana pernyerahan valuta asing dilakukan pada masa yang akan datang dalam jumlah, waktu, tempat dan harga tertentu.
Ingin Langsung Terjun Bisnis Valas Tanpa Modal silahkan DAFTAR

    0 komentar:

    Posting Komentar